Rabu, 02 Februari 2011

IRA SIGAR : Dosen Pascasarjana Mikrobiologi & Imunologi di MIDWESTERN UNIVERSITY (AS)


Ira Sigar adalah seorang warga Indonesia yang mengajar sebagai dosen pascasarjana di departemen Mikrobiologi & Imunologi di Midwestern University, Illinois, tak jauh dari Chicago. Salah satu sekolah medis tertua di AS khusus untuk mahasiswa program pasca sarjana dan doktoral.

Ira bergabung sejak 1999 sebagai teknisi laboratorium sambil menyelesaikan program doktoralnya di Illinois Institute of Technology. Sejak resmi menjadi dosen di Midwestern tahun 2006, karier Ira terus menanjak hingga sekarang menjadi manajer laboratorium di departemennya. Ia menjadi satu-satunya orang Indonesia yang mengajar di sana.

Membandingkan dengan pendidikan di Indonesia, ia melihat hubungan yang dekat antara dosen dan mahasiswa sebagai nilai lebih di sana. “Ada bagusnya dan ada jeleknya juga, tapi saya pikir dengan relationship yang dekat dengan student kita bisa membina hubungan yang lebih baik,” katanya.

Di mata mahasiswanya, ia dipandang sosok yang sangat berdedikasi terhadap mahasiswa dan pekerjaannya. Ia juga terbuka dengan mahasiswanya. “Beda dengan profesor lainnya, ia sangat mengenal para mahasiwanya.” kata salah satu siwanya.

Dulu sebenarnya Ira bercita-cita ingin jadi dokter karena sewaktu kecil kena penyakit asma, tapi karena ia dapat PMDK (masuk PTN tanpa tes) bidang biologi yang juga ia sukai akhirnya ia masuk MIPA. Ia pikir bahwa riset juga bidang yang bisa membantu banyak orang.

Ira yang saat ini sedang melakukan riset tentang bakteri penyebab penyakit seksual yang menular menyatakan bahwa kepuasan yang diperoleh dari pekerjaannya adalah bila bisa membagi hasil risetnya dan membantu banyak orang.

Sumber: VOAindonesia (indonesiaproud)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...