Jumat, 04 Februari 2011

Industri Kreatif Indonesia Tembus Pasar Italia Lewat MACEF 2011



Stand atau anjungan Indonesia dengan dekorasi batik Jawa dan bernuansa merah dan putih menarik banyak pengunjung pameran MACEF di Fiera Milano, Italia yang berlangsung pada 27-30 Januari 2011. Banyak pula kontak-kontak bisnis untuk ditindaklanjuti oleh pihak pengusaha Indonesia.

Ketertarikan pelaku usaha terhadap produk industri kreatif Indonesia tidak terlepas dari sentuhan kreatif designer Indonesia, Amaru dan Andi Lim yang telah memodifikasi tampilan produk kerajinan Indonesia sehingga mampu bersaing di pasar internasional.

“Keikutsertaan Indonesia pada pameran MACEF ini adalah untuk menembus pasar Italia,”ungkap Gulfan Afero, Counsellor Ekonomi KBRI Roma.


Produk-produk Indonesia yang ditampilkan pada pameran ini adalah produk-produk perlengkapan dan dekorasi rumah yang terbuat dari bahan baku alami seperti anyaman, rotan, bambu, daun gajeh serta daun ata, yang telah diberi sentuhan tambahan dengan tenun dan pernik tradisional, warna modern dan finishing yang apik.

Gulfan menambahkan bahwa produk yang ditampilkan merupakan kombinasi kerajinan yang melibatkan perajin dari berbagai daerah seperti Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Ketua Bidang Kerjasama Luar Negeri Dekranas, Okke Hatta Rajasa yang memimpin langsung partisipasi Indonesia di Milan menyatakan harapan agar para perajin mendapatkan long term buyers sehingga produk hasil kerajinan Indonesia dapat semakin tersebar luas dan semakin dikenal masyarakat dunia.

“Partisipasi Dekranas pada MACEF Milano tahun 2011 ini juga diharapkan akan membuka jalan untuk memperkenalkan dan memperluas jaringan pemasaran produk-produk industri kreatif Indonesia kepada pasar Eropa,” tutur Okke.


MACEF merupakan pameran perdagangan internasional produk tekstil, kerajinan tangan, perhiasan dan aksesoris untuk homeware, gift dan home decoration and design. MACEF telah diselenggarakan sebanyak 90 kali dan merupakan salah satu pameran terbesar di Eropa yang dikunjungi oleh sekitar 170.000 orang pelaku usaha dari berbagai penjuru dunia, yang terdiri dari importir dan eksportir, wholesalers, retailers, distributors.

MACEF ke-90 ini diikuti oleh lebih dari 1600 peserta dari 23 negara. Keikutsertaan Dekranas, dengan dukungan dari KBRI Roma dan ITPC Milan, pada MACEF Milano ini akan memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk memperkenalkan sekaligus membuka jalur-jalur distribusi baru bagi produk-produk industri kreatif Indonesia.

Sumber: Deplu (KBRI Roma)

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...