Selasa, 04 Januari 2011

Jus for Healthy (Jus untuk Kesehatan)


 

Terinspirasi dari 20 pemuda Indonesia (Young Changemaker 2010) yang melakukan tindakan sederhana untuk kemajuan bangsa. Tindakan sederhana tapi berdampak luar biasa. Ya, itulah yang sekarang saya ingin wujudkan di awal tahun 2011 ini.

Jus For Healthy (Jus untuk kesehatan), merupakan kegiatan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia melalui konsumsi buah dan sayur setiap hari dengan cara dibuat jus. Sebagai mana yang kita ketahui bahwa sayur dan buah merupakan 2 dari 5 komponen "4 sehat 5 sempurna". Bila salah satu dari 5 komponen tersebut tidak terpenuhi dengan baik maka sangat sulit bagi kita untuk mencapai derajat kesehatan yang maksimal. Mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari juga merupakan salah satu dari beberapa indikator program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dilaksanakan pemerintah menuju Indonesia yang sehat. 
Sasaran kecil dari kegiatan ini adalah anak-anak kurang mampu secara ekonomis yang berada di wilayah RW 02 kelurahan Cawang kecamatan Jatinegara, Jaktim. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah permukiman kumuh berat dengan tingkat ekonomi yang tergolong rendah.
Kegiatan ini saya rencanakan untuk dilaksanakan setiap 2 pekan sekali disela-sela kesibukan saya dalam menyelesaikan penelitian (skripsi) yang juga berkaitan dengan kegiatan ini. Seperti kata pepatah "Sekali dayung, 2-3 pulau terlampaui". Saya tidak ingin penelitian saya yang berjudul "Pengaruh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terhadap Status Kesehatan Masyarakat" ini hanya memberikan manfaat buat Perpustakaan di kampus saya sebagai koleksi yang dipajang tanpa memberikan manfaat yang lebih. 
Saya berharap apa yang saya rencanakan di atas bisa berjalan ditahun 2011 ini. Mohon bantuan doanya.  

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...