Rabu, 05 Januari 2011

Belajar dari Maestro Bisnis Indonesia_(1) Purdi E Chandra

http://www.purdiechandra.net/
Siapa yang tidak kenal Purdi E Chandra. Satu dari sekian banyak orang Indonesia yang bisa dijadikan sumber inspirasi terutama di bidang entrepreneur (bisnis). Seorang yang berhasil menciptakan salah satu lembaga bimbingan belajar terbesar di Indonesia yakni PRIMAGAMA.

Purdi E Chandra yang merupakan seorang anak tukang jahit di desa Tanggul Angin, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung ini bersama-sama temannya, awalnya membuka lapak les di rumah petakan sewaan yang kecil dan disekat menjadi dua. Dia memodali usahanya ini dengan melego sepeda motor. Murid pertama adalah dua anak tetangga sebelah rumah kos. 
Janji uang kembali bila tidak lulus sangat manjur sebagai iklan. Untuk mengatasi kerugian-kerugian atas promo itu, Purdi lebih dulu merekrut mahasiswa-mahasiswa UGM yang paling cerdas sebagai tutor paruh waktu. Hasilnya, 90% peserta bimbingannya lulus ujian masuk.
Sekarang Purdi adalah Presiden Direktur Primagama Group yang sudah menjadi holding company dengan lebih dari 20 anak perusahaan. Bergerak di berbagai bidang, seperti pendidikan formal (IMKI dan AMIKOM) , telekomunikasi, biro perjalanan, katering, supermarket, asuransi, hingga lapangan golf.
Nasihat penting untuk sukses bagi orang-orang (yang juga diberikan kepada kedua anaknya) adalah pilihan mengenai masa depan itu perlu ditentukan lebih awal untuk menentukan seseorang perlu menjadi pintar di sekolah atau tidak. Purdi adalah orang tua yang tidak memberi iming-iming sepeda baru agar Faisa Muhammad dan Zidane Muhammad semangat untuk menyabet rangking pertama di sekolah, tetapi akan menghadiahkannya apabila kedua anaknya itu berhasil menemukan ide-ide hebat tentang sesuatu.
Sebagai pakar, dialah penemu 3 resep manjur yang bisa dijadikan orang untuk merintis kekayaan, yakni :
1. BODOL : Berani Optimis Duit Orang Lain
2. BOTOL : Berani Optimis Tenaga Orang Lain
3. BOBOL : Berani Optimis Bisnis Orang Lain


Sumber : "50 Great Business Idea From INDONESIA by M. Ma'ruf"

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...