Selasa, 01 Maret 2011

Belitung Island, A Paradise for Beach Lovers

Inilah INDONESIA. Negeri yang begitu indah dengan berjuta pesona. Tak hanya keragaman suku dan budaya yang dimilikinya tapi juga beragam tempat wisata. Salah satunya adalah pulau Belitung yang terletak di sebelah timur pulau Sumatera.

Pulau yang merupakan setting utama film Laskar Pelangi ini memiliki banyak pantai yang menakjubkan. Tak heran klo  banyak orang menyebutnya sebagai "a paradise for beach lovers".

1. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai yang di apit oleh dua semenanjung. Pantai Tanjung Tinggi, yang berjarak lebih kurang 2 Km dari Pantai Tanjung Kelayang, merupakan sebuah pantai yang dapat melahirkan "misteri". Pengunjung seolah-olah berada dikawasan yang penuh dengan khayalan. 
Pantai ini berbentuk teluk kecil sepanjang lebih kurang 100 m, berpasir putih bersih dengan tebaran bebatuan granit yang tersusun indah. Di ujung bagian timur, terdapat tumpukan bebatuan yang salah satu celahnya membentuk sebuah "lorong" yang dapat dilalui.


2. Batu Berlayar
Pulau kecil yang terdiri dari hamparan pasir putih dan gugusan batu granit raksasa, letaknya di utara pulau belitung. 
Pulau ini bisa dikunjungi melalui pantai tanjung kelayang ataupun pantai tanjung binga.


3. Pulau Lengkuas
Lengkuas adalah pulau kecil, terletak di arah Utara desa Tanjung Binga. Di sekitar pulau ada banyak pulau batu-batu granit yang bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki melintasi laut yang dangkal dengan kedalaman kurang dari 1.2m. 
Struktur batu-batu granitnya juga unik dan berbeda dengan tempat-tempat lain dengan kombinasi pantai yang berpasir putih dan pepohonan. 
Mahkota dari pulau Lengkuas sebenarnya adalah sebuah mercusuar tua, dibangun oleh Belanda sejak tahun 1882, dengan tinggi kurang lebih 50m.


4. Pulau Burung
Pulau Burung masih terletak di lepas Pantai Tanjung Binga Kecamatan Sijuk. Di Pulau ini terdapat bongkahan bebatuan di bibir pantai yang menyerupai paruh seekor burung sehingga pulau ini dinamakan Pulau Burung oleh penduduk setempat. 
Anda bisa berkunjung ke Pulau Burung dengan menyewa perahu di Tanjung Binga.


5. Pulau Babi
Pulau indah ini berdekatan dengan Pulau Lengkuas, bahkan kita dapat melihat langsung pulau kecil ini dari Pulau Lengkuas, begitu pula sebaliknya. 
Pulau Babi memiliki karakter pulau dan pantai yg sama dengan Pulau Lengkuas dan beberapa pulau kecil lain disekitarnya, yaitu pasirnya yg putih, hamparan bebatuan granite, padang rerumputan serta pohon-pohon kelapa.


6. Pulau Pasir
Disebut seperti itu karena pulau berukuran tak lebih dari 10 x 10 meter persegi ini hanya terdiri dari hamparan pasir putih tanpa pohon, batu atau apapun diatasnya. 
Dan pulau ini hanya muncul apabila air laut surut terutama di sore hari.

7. Pantai Punai
Pantai di sini berpasir putih dan di beberapa bagian dihiasi oleh batu-batu granit kecil. Tempat ini memang tidak seindah Tanjung Tinggi, tetapi suasana di sini benar-benar sepi, kecuali di akhir pekan, anda mungkin bisa menemui beberapa pengunjung. 
Di depan pantai ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Punai. Jika air laut sedang surut, anda bisa berjalan kaki ke Pulau Punai ini, yang dulunya terkenal dengan banyak burung punai.



Sumber : Kaskus















Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...